MESIN(ENGINE)
A.Pengertian Tentang
Mesin
Mesin(Engine) adalah gabungan dari
alat-alat yang bergerak(dinamis)dan alat-alat yang tidak bergerak(statis) yang
bila bekerja dapat menimbulkan tenaga(energy).
B.Pengertian Dasar
Tentang Motor Bakar
Motor bakar adalah suatu mesin yang
dapat mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik dengan jalan membakar bahan bakar.bila tenaga panas
untuk pembakar dihasilkan dari luar mesin disebut Motor Bakar Luar(External
Combustion Engine) dan biasanya digunakan pada mesin uap serta turbin uap.
Mesin yang terdapat pada kendaraan
bermotor seperti sepeda motor dan mobil,pembakaran bahan bakarnya dilakukan
langsung didalam mesin dan dirubah menjadi tenaga penggerak,mesin semacam ini
disebut motor bakar dalam(Internal Combustion Engine).
C.Prinsip Pembakaran
Didalam Mesin
Pada motor bakar dalam,bensin dalam
ruang bakar dibakar sehingga gas yang terjadi akibat pembakaran yang tidak
mengandung tenaga panas maka temperature dan tekananya tinggi,
Gas-gas ini akan mengembang yang menekan
dan mendorong Torak(Piston) untuk bergerak kebawah,gerak piston yang lurus itu
diteruskan melalui batang torak(Conecting Rod) yang merubah menjadi gerak
putar,mtor bakar semacam ini disebut motor bakar model piston(Piston Engine)
D.Jenis Motor Bensin
1.Motor
Empat Langkah(4 Takt)

atau poros engkol.
Langkah –
Langkah Mesin 4 Tak :
1. Langkah Isap : – piston bergerak dari TMA (titik mati atas) atau TDC (Top Dead Centre) ke arah TMB (titik mati bawah) atau BDC(Bottom Dead Centre)
katup isap atau intake terbuka ; katup buang atau exhaust tertutup
2. Langkah Kompresi : – piston bergerak dari TMB ke TMA
- katup in dan ex tertutup
- tekanan naik, temperatur naik, volume mengecil
3. Langkah Tenaga : – disebut juga power stroke
- piston bergerak dari TMA ke TMB
- katup in dan ex masih tertutup
4. Langkah Buang : – piston bergerak dari TMB ke TMA
- katup in tertutup dan katup ex terbuka
- gas sisa hasil pembakaran keluar melalui exhaust port
- terjadi overlap katup in, yaitu saat hampir akhir langkah
buang katup in sudah mulai terbuka; bahan bakar baru masuk
membantu menguras gas buang agar cepat keluar.
1. Langkah Isap : – piston bergerak dari TMA (titik mati atas) atau TDC (Top Dead Centre) ke arah TMB (titik mati bawah) atau BDC(Bottom Dead Centre)
katup isap atau intake terbuka ; katup buang atau exhaust tertutup
2. Langkah Kompresi : – piston bergerak dari TMB ke TMA
- katup in dan ex tertutup
- tekanan naik, temperatur naik, volume mengecil
3. Langkah Tenaga : – disebut juga power stroke
- piston bergerak dari TMA ke TMB
- katup in dan ex masih tertutup
4. Langkah Buang : – piston bergerak dari TMB ke TMA
- katup in tertutup dan katup ex terbuka
- gas sisa hasil pembakaran keluar melalui exhaust port
- terjadi overlap katup in, yaitu saat hampir akhir langkah
buang katup in sudah mulai terbuka; bahan bakar baru masuk
membantu menguras gas buang agar cepat keluar.

2.Motor Dua Langkah(2 Takt)

Sebuah mesin yang menyelesaikan proses atau 1 siklus kerjanya dalam 2 putaran piston dan 1 putaran crank shaft atau poros engkol.
Kompresi
Mesin 2 Langkah:
1. Kompresi Primer: yaitu kompresi yang terjadi di bawah piston atau di dalam
crank case atau ruang engkol.
Kompresi primer berguna untuk mengkompresi bahan bakar yang dihisap masuk ke ruang
engkol, untuk kemudian disalurkan ke ruang bakar
‘combustion chamber’ melalui lubang transfer.
2. Kompresi Sekunder: yaitu kompresi yang terjadi di atas piston atau di ruang bakar.
Kompresi sekunder sangat penting untuk terjadinya pembakaran yang baik,
kompresi di sini dipengaruhi oleh rapatnya ring piston, blok silinder,
kebocoran harus dihindari agar angka kompresi dapat terjaga.
1. Kompresi Primer: yaitu kompresi yang terjadi di bawah piston atau di dalam
crank case atau ruang engkol.
Kompresi primer berguna untuk mengkompresi bahan bakar yang dihisap masuk ke ruang
engkol, untuk kemudian disalurkan ke ruang bakar
‘combustion chamber’ melalui lubang transfer.
2. Kompresi Sekunder: yaitu kompresi yang terjadi di atas piston atau di ruang bakar.
Kompresi sekunder sangat penting untuk terjadinya pembakaran yang baik,
kompresi di sini dipengaruhi oleh rapatnya ring piston, blok silinder,
kebocoran harus dihindari agar angka kompresi dapat terjaga.
Informasi Umum Mesin
Mesin adalah alat pengubah suatu
energy menjadi energy yang lain,sehingga menghasilkan kerja. Mesin motor dapat
mengubah energy panas menjadi energy gerak,sehingga menghasilkan tenaga gerak.
Mesin bekerja melalui proses
pengisapan bahan bakar(Intake),pemadatan bahan bakar(Kompresi),pembakaran yang
menghasilkan usaha(Tenaga),dan pembuangan sisa Pembakaran(Exhaust).
Mesin membutuhkan tiga syarat untuk dapat bekerja
melakukan pembakaran dan menciptakan tenaga yaitu ; Bahan bakar,udara dan
pengapian.
1.Pengertian tentang
CC(Cubic Capacity)
CC
adalah isi silinder yang mencakup piston saat berda pada TMA(Titik Mati
Atas) atau TMB(Titik Mati Bawah).
Implikasi perbedaan kapasitas cc
pada sepeda motor adalah,”Semakin besar CC,semakin besar pula tenaga yang
dihasilkan pada kecepatan tinggi”.
2.Apa Itu Torsi ?
Torsi adalah daya tarik tenaga pada
satuan mesin itu,dinyatakan dalam BHP(Brake Horse Power).BHP ini merupakan cara
mengukur jumlah energy yang tersedia pada Crank
Shaft.
3.Pengertian Tentang
Tak.
Tak dapat disebut juga dengan
Troke(Langkah),gerakan piston motor,artinya adalah ;
Jarak
lankah atau gerakan-gerakan 2 Viger atau piston dalam silinder,mulai dari yang
paling atas(rata dengan silinder),sampai gerakan yang paling bawah batas
gerakan piston yang paling atas bisanya disbut dengan TMA.dan gerakan piston
yang paling bawah (TMB),lagkah yang sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya
Kruk As yang menggerakkan piston dari TMA ke TMB atau sebaliknya,oleh sebab
itu,gerak piston disebut “tak atau
stroke”yang putaran Kruk As-nya sebanyak
(
Putaran)


Perkembagan sepeda motor saat
ini,atau abad Millenium,cenderung mengarah ke 4 takt,karena anti polusi atau
ramah lingkungan,dan sudah terbukti keunggulanya dibandingkan 2 takt.
KOMPONEN-KOMPONEN
PENTING MESIN DAN FUNGSINYA
1.Kepala Silinder(Cylinder Head)
1.Busi
|
7.Gear Timming(Ger Rantai Klep)
|
2.Klep(Valve)
|
8.Botol Klep
|
3.Noken As(Champshaft)
|
![]() |
4.Piano(Rocker Arm)
|
10.Plat Penahan Piano
|
5.Per Klep(Valve Spring)
|
11.As Piano
|
6.Seal Klep
|
|


2.Silinder

Ø Syarat-syarat Silinder Yang Baik :
ü Lubang bulat rata dan licin dari atas sampai bawah.
ü Pada dinding-dindingnya tidak terdapat goresan yang biasanya
ditimbulkan oleh ring piston.
ü Pada piston silinder tidak longgar melebihi apa yang telah
ditentukan.
ü Untuk jenis motor 2 takt,saluran masuk dan bilas serta
buangnya haruslah selalu bersih.
ü Tidak retak atau pecah.
Ø
Cara Menentukan Ukuran Silinder
- Istilah yang biasanya dipakai untuk menyebutukuran silinder adalah “STANDAR” dan“OVERSIZE”
- Silinder Standar adalah silinder yang ukurannya masih asli,belum pernah mengalami perubahan,sedangkan silinder OverSize,adalah silinder yang ukurannya telah mengalami perubahan dari yang aslinya(Diperbesar),pekerjaan memperbesarini bisa kita kita sebut dengan Mengkorter silinder,yang biasanya dilakukan bengkel bubut,untuk mengetahui perlu atau tidaknya silinder dikorter adalah dengan melihat dan melakukan pengukuran piston dengan dinding silinder.Oversize dimulai dari 25,50,75 atau 100.
Oversize
50 Artinya adalah pembesaran diameter piston sebesar 0,50mm 25=0,25mm dan
seterusnya.
3.Torak(Piston)
Torak disebut juga piston,fungsinya
menekan campuran bensin dan udara(gas bahan bakar)yg masuk dan menerima
entakanenergi yang diakibatkan oleh ledakan hasil pembakaran api busipiston
yang dipegang stang piston yang bergerak naik turun (bergerak secara
translasi)dlm silinder yg selanjutnya dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk
As.Torak atau Piston terbuat dari bahan almunium Alloy(Almunium paduan) dengan
sifat :
ü
Ringan.

ü
Penghantar Panas yang Baik.
ü
Pemuai Kecil
ü
Tahan terhadap Keausan Akibat
gesekan temperature tinggi.
ü
Kekuatan tinggi,erutama pada
temperature tinggi.
4.Ring Piston
Ø
Fungsi Utama Ring piston :
ü
Kompresi
ü
Penyapu oli
Ø Aturan Pasang Ring Piston :
ü Jangan sampai terbalik,katena akan berakibat fatal.
ü Yang pling rawan adalah saat pemasangan ring piston.
ü Ada 2 macam ring,yang pertama ring kompresi(yang terletk
paling atas),ring kompresi kedua(warna gelap)berada diantara ring kompresi
pertama dan ring oli)
ü Panas mesin Juga Diperoleh dari pembakaran.
5.Stang Seher(Connecting Rod)
Stang
piston atau con-rod adalah penggubung piston dandan dapat diubah oleh poros
engkol menjadi gerak putar ujung atas disebut small end,dan ujung bawah disebut
big end,pada motor 2tak bagian small end dan big enddiberi leher,sedangkan pd
motor 4 tak,hanya pada baian big-endnya.
6.Poros Engkol

7.Kopling(Clutch)
Kopling
terletak diantara poros engkol dan trasmissi yang fungsinya adalah memeruskan
dan memutuskan putaran poros engkol ke transmissi melalui kerja pedal.umumnya
kopling yangdigunakan di sepeda motor adalah kopling tipe basah dgn pelat ganda.jadi
kopling terendam dalam cairan pelumas.


8.Transmissi(Gearbox)
Gigi
transmissi berfungsi mengatur tingkat percepatan dan daya dorong mesin,sesuai
kondisi ang dijalani sepeda motor.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar