Selasa, 08 April 2014

body motor



1.Chasis
            A.Fungsi dari chasis(Rangka) Adalah Sebagai berikut :
v  Penopang Mesin
v  Tahanan dari system suspensi sebagai penyerap goncangan dan getaran yang timbul akibat kondisi jalan.
v  Tahanan dari garpu depan dan garpu belakang,sehingga motor dapa dikendalikan.
v  Penahanan dari tempat duduk.
v  Penahan standar(tunjang)tengah dan samping.
v  Dudukan Tanki Bahan Bakar.
v  Peletakan Baterai dan Peralatan listrik lainya.

B.Jenis Rangka Adalah sebagai Berikut :
v  Rangka Jenis Pressed stell dan tubular.
Adalah rangka yang terbentuk dari kombinasi bahan pelat baja yang di press dan ditambah bahan bentuk pipa ,umumnya jenis ini disebut tulang T.
v  Rangka Jenis pressed stell.
Adalah rangka yang terbentuk dari bahan pelat baja yang seluruhnya di press berbentuk lempengan pelat,umumnya disebut tulang punggung.
v  Rangka Jenis Tubullar.
Adalah rangka yang seluruhnya terbrntuk dari bahan pipa.
2.Sistem Kemudi
v  Sistem kemudi adalah untuk membelokan roda kekiri dan kekanan dengan cara menggunakan tenaga tangan melalui batang kemudi yang diteruskan ke garpu depan.
v  Jari-jari lingkaran perputaran suatu sepeda motor ditentukan oleh besar kecilnya sudut sewaktu kemudi dibelokan dan juga ditentukan oleh besar kecilnya sudut kemiringan sepeda motor.
3.Sistem Suspensi
            A.Fungsi Sistem suspensi.
Ø  Sistem suspensi sebagai penghubung roda terhadap rangka.
Ø  Penyerap bantingan dan guncangan yang keras.
Ø  Mengurangi Ayunan pegasnya.
Ø  Peredaam Kejut atau penyerap bantingan pada system suspensi adalah untuk menyerap(melemahkan bergerak mengayun  dari pegas,sehingga pengendalian terasa stabil.)unit system suspensi adalah gabungan antara pegas atau peredam kejut.

B.Jenis-jenis Suspensi
Suspensi Bagian depan :
Ø  Jenis telescopic,jenis ini paling banyak digunakan di sepeda motor.
Ø  Jenis button Link







Suspensi Bagian Belakang :
Ø  Jenis Lengan Ayun(Swing Arm)jenis ini menggunakan lampu yang dipasang pada poros yang medatardibelakang mesin dan dihubungkan dgn bagian atas rangka belakang dengan system suspensi belakang jenis ini sering digunakan pada sepeda motor.
Komponen  suspensi Belakang :
Ø  Unit peredam kejut
Ø  Unit penahan atas
Ø  Unit penahan bawah
Ø  Pegas suspensi
Ø  Unit penggantung atas


4.Roda Depan dan Roda Belakang
            Roda terdiri dari pelek,ban,jari-jari,dan tromol,ban telah dirancang sedemikian rupa,sehingga melekat pada jalan untuk memberikan gaya dorong atau gaya rem yang baik,yang menyebabkan sepeda motor tesebut dapat mempercepat maupun memperlambat tanpa selip,untuk mencapai hal ini,ban harus mempunyai tekanan udara yang tepat dan tidak diperbolehkan melampaui banyak beban ,berhubung tekanan ban sangat mempengaruhi stabilitas,maka setiap sepeda motor tersebut jangan pernah memakai ban lain kecuali yang telah ditetapkan pabriknya.

            Fungsi Bagian Roda :
Ø  Roda depan dan roda belakang adalah sebagai penunjang sepeda motor untuk dapat berjalan
Ø  Fungsi utama roda belakang adalah sebagai tenaga penggerak sepeda motor yang didapat dari tenaga mesin yang disalurkan pada transmissi dan rantai roda.
Ø  Teromol Berfungsi  Sebagai dudukan system rem dan sebagai penopang roda dan porosnya.
Ø  Susunan jari-jari berfungsi menopang (penghubung)teromol roda dan peleknya,jari-jari juga sebagai penopang beratnya sepeda motor,sekaligus sebagai penyerap getaran (goncangan)dari jalanan.
Ø  Ban Luar berfungsi sebagai penopang beban sepeda motor,ban luar juga mempunyai corak-corak yang sesuai  dan tepat untuk melayani kondisi jalanan secara aman dan ketat terhadap permukaan jalan.
Ø  Ban dalam berfungsi  menampung udara yang dapat membantu menyerap getaran dari jalanan.
Ø  Fungsi pelek yaitu dibentuk sedemikian rupa dengan kuat agar dapat  mengatasi keolengan dan kebengkokan ,selain itu pelek mempunyai bentuk yang memungkinkan ban luar dan ban dalam dapat dipasangkan dengan sempurna



5.Rantai Roda
            Rantai roda adalah suatu alat bagian yang memindahkan tenaga yang keluar dari mesin ke roda belakang,rantai roda terdiri dari dua jenis yaitu ;Master link(terdapat sambungan rantai),dan  Endless(tidak terdapat sambunganya)

6.Bearing Roda
            Umur bearing dipengaruhi oleh kualitas dan perlakuan terhadap bearing yaitu;pemasangan,pelumas,kondisi jalan yang berlubang,geram kotor,air,dan beban awal yang berlebihan.
Fungsi Bearing Adalah Untuk memperlancar putaran komponennya agar tidak mudah aus.
7.Rem
            Rem pada sepeda motor terbagi menjadi 2 macam yaitu :
Ø  Rem Cakram
Ø  Rem Tromol
Fungsi Rem yaitu :
Ø  Untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.
Komponen Rem Tromol :
Ø  Pedal Rem(handle)
Ø  Kawat Rem(Tali Tromol)
Ø  Pengungkit
Ø  As Pengungkit
Ø  Kanvas Rem
Ø  Pegas Rem:Pedal,Kawat,Kanvas
8.Knalpot
            Knalpot befungsi menyalurkan sisa gas emisi pembakaran mesin ke udara pada sepeda motor.

9.Lampu & Peralatan istrik Sepeda Motor
            Lampu dan listrik pada sepeda motor  sangatlah pentong,mengingat demi keamanan dan kenyamanan berkendara,maka sangatlah perlu sekali,seperti lampu depan,lampu sein,klakson,lampu rem,dan lampu jeam.
10.Cover Body Sepeda Motor
            Cover body digunakan untuk melindungi setiap komponen sepeda motor dari setia gangguan-ganguanya,dan juga agar tidak terjadi konsleting listrik yang disebabkan oleh debu,kotoran,dan air.Seperti cover stang,sayap,lackshield,spatbor dll.



11.Saringan Udara
Saringan udara berfungsi menyaring kotoran-kotoran debu yang diperoleh dari jalanan,maka sangatlah penting,bisa fatal akibatnya jika dilepas atau rusak.


12.Handdle Gigi
Digunakan dan berfungsi memindahkan/mengalihkan gigi percepatan sepeda motor,melalui kerja kaki kiri.
13.Tanki Bahan Bakar
          Berfungsi menampung baban bakar
pada sepeda motor sebelum mengalir ke
karburator.



14.Jok Tempat Duduk
          Digunakan sebagai tempat duduk Rider sepeda motor.
15.Spion
Digunakan Untuk melihat pengendara dibelakang saat berkendaraan.
Gambar Stang Depan Satria FU 150

16.Handgrip & Selonsong gas
Berfungsi untuk penahan kabel gas penahan dan alas stang motor.







16.Spedometer
Digunakan untuk melihat meteran kecepatan,bahan bakar,posisi gigi,dan lainya
Feature Suzuki Crystal Tune - Suzuki RC110



                                                   
17.Swing Arm
Berfungsi Untuk Poros Roda dan Menopang sepeda motor,dan tahanan system suspensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar